Saturday, November 12, 2011

Sality,Virus No 1 Indonesia

 

Sedikit Tentang Virus Sality
Virus Sality adalah virus yang menyerang file – file  yang berekstensi  .exe & .scr. Yang pasti akan  sangat menggangu kinerja komputer karena aplikasi – aplikasi yang ada di dalam komputer anda akan berkerja secara tidak normal. Tidak hanya itu, apabila anda memiliki master – master software yang berekstensi exe maka master tersebut juga tidak akan berjalan seperti semestinya . Dan Juga   Ketika Anda akan melakukan scanning online melalui internet, semua situs penyedia free online scanning antivirus juga tidak dapat diakses.
Wah pasti sangat merepotkan virus tersebut. Anda pasti bertanya bagaimana cara menghilangkannya ???
Sebelum menjawabnya sebaiknya anda tahu dulu Bagaimana Cara Kerja Virus Sality tersebut ?
Cara Kerja Virus Sality
Cara kerja virus Sality ini yaitu dengan membuat dua buah file induk di directory c:\windows\system32 dengan nama wmdrtc32.dll dan wmdrtc32.dl_, File wmdrtc32.dll dibuat dengan ukuran sekitar 40 KB, diset normal sedangkan file yang kedua yaitu wmdrtc32.dl_ dengan ukuran 26 KB diset  hidden, file ini dibuat virus untuk mengelabui seolah-olah file tersebut file windows yang di rename dan disembunyikan oleh virus, padahal file tersebut adalah masih virus. dua file ini tidak bisa di delete langsung.
Lalu Bagaimana Cara Kita Untuk  Mendelete nya??


Beberapa antivirus yang ada seperti AVG, SMADAV dan ANSAV dapat mendeteksi dan meng-clean dengan men-delete langsung file yang terinfeksi. Namun perlu anda pahami dengan menghapus virus tersebut berarti file atau program yang telah di clean tadi sudah tidak akan berfungsi lagi. Bahkan untuk yang lebih parah nya Windows (Sistem Operasi) yang anda miliki akan tidak dapat berjalan juga dan biasanya akan hang, kalau tidak hang biasanya sering terjadi error-error yang mengjengkelkan. Sungguh sangat menyebalkan.
Ada cara lain yang kami berikan kepada anda, yaitu dengan cara dibawah ini.
1. Putuskan komputer anda dari jaringan manapun, baik itu LAN maupun internet
2. Matikan fitur system restore anda selama proses pembersihan virus Sality
3. Download Sality Repair disini
4. Extract file SalityRepair dan klik kanan file repair.inf kemudian klik kanan dan klik Install
5. Matikan semua aplikasi yang aktif dan sedang anda buka
6. Download Norman Malware Cleaner disini atau download secara langsung disini
7. Ubah ekstensi Norman Malware Cleaner dari .exe menjadi .cmd agar aplikasi Norman Malware Cleaner tersebut tidak diinfeksi oleh virus Sality
8. Lakukan scanning menggunakan Norman Malware Cleaner.cmd (ekstensi .exe sudah anda rubah menjadi .cmd)
9. Restart komputer anda setelah proses cleaning selesai
10. Download FixReg disini
11. Extract FixReg.rar dan jalankan registri yang ada di folder FixReg
sesuai dengan windows yang anda gunakan.
12. Restart komputer anda.
13. Periksa task manager regedit dsb untuk memastikan komputer anda sudah sembuh. Anda juga bisa melakukan scanning pada safe mode untuk memastikan komputer anda sudah benar – benar bersih dari virus Sality.
Sekedar tips dari kami, saat virus seperti Sality ini sudah ditemukan penangkalnya, maka varian yang lain lahir dan bermunculan dengan pesat. Apabila anda memiliki master-master software berekstensi .exe usahakan agar dikompress aja dengan dengan winzip atau winrar, selain menghemat space, file-file tersebut jadi lebih aman karena virus tidak dapat menginfeksinya. Jadi apabila software kesayangan sudah tidak berjalan akibat terkena virus kita masih punya bac

No comments:

Post a Comment